Untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh, semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai mata pelajaran untuk dipadukan kedalam tema yang dipilih.
KEGIATAN PEMETAAN TEMA
Mengidentifikasi tema-tema yang digunakan sebagai pengikat keterpaduan berbagai mata pelajaran.
Memetakan semua mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3
Mengidentifikasi Standar Kompetensi dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3.
Mengidentifikasi Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3.
Menjabarkan Kompetensi Dasar ke dalam indikator
Menganalisis keterhubungan tema-tema dengan Stadar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator dari semua mata pelajaran yang diajarkan di kelas 1-3
PENGERTIAN JARINGAN TEMA
Jaringan tema adalah pola hubungan antara tema tertentu dengan sub-sub pokok bahasan yang diambil dari berbagai bidang studi terkait
MANFAAT JARINGAN TEMA
1. Dengan terbentuknya jaringan tema diharapkan siswa-siswi memahami satu tema tertentu dengan melakukan pendekatan interdisiplin berbagai bidang ilmu pengetahuan.
2. Mempermudah pemahaman, jaringan tema juga mengajari pembiasaan agar siswa-siswi mampu berpikir secara integratif dan holistik
Teknik Pembuatan Jaringan Tema
Tentukan terlebih dahulu tema
Menginventarisasi materi-materi yang masuk/sesuai dengan tema yang telah ditentukan.
Mengelompokkan materi-materi yang sudah diinventarisir ke dalam rumpun mata pelajarannya masing-masing.
Menghubungkan materi-materi yang telah dikelompokkan dalam rumpun mata pelajaran dengan tema.
Kriteria Jaringan Tema yang Baik
Simpel
Sinkron.
Logis.
Mudah dipahami
Terpadu.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 Response to "TUJUAN PEMETAAN TEMA"
Posting Komentar