KARAKTERISTIK PEMB. TEMATIK
q Berpusat pada siswa-siswi,
q Memberikan pengalaman langsung,
q Pemisahan antar matapelajaran tidak begitu jelas,
q Menyajikan konsep dari berbagai matapelajaran dalam suatu proses pembelajaran,
q fleksibel (luwes),
q Hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa-sisi,
Menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkankeunggulan
q Mendorong guru untuk mengembangkan kreativitas.
q Memberikan peluang bagi guru untuk mengembangkan situasi pembelajaran yang utuh, menyeluruh, dinamis, dan bermakna sesuai dengan keinginan dan kemampuan guru maupun kebutuhan dan kesiapan siswa-siswi.
q Mempermudah dan memotivasi siswa-siswi untuk mengenal, menerima, menyerap, dan memahami keterkaitan atau hubungan antar konsep, pengetahuan, nilai, dan tindakan yang terdapat dalam beberapa pokok bahasan atau bidang studi.
q Menghemat waktu, tenaga, dan sarana serta biaya pembelajaran, disamping meyederhanakan langkah-langkah pembelajaran.
kelemahan
q Guru dituntut untuk menggali informasi/pengetahuan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan, salah satu strateginya harus membaca literatur (buku) secara mendalam.
q Menuntut kemampuan belajar siswa-siswi yang relatif “baik”, baik dari aspek intelegensi maupun kreatifitasnya.
q Memerlukan bahan bacaan atau sumber informasi yang cukup banyak dan berguna, seperti yang dapat menunjang dan memperkaya serta mempermudah mengembangkan wawasan dan pengetahuan yang diperlukan.
Langkah-langkah Menyusun Pembelajaran Tematik
q Mempelajari kompetensi dasar pada kelas dan semester yang sama dari setiap mata pelajaran.
q Memilih tema yang dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi tersebut untuk setiap kelas dan semester,
q Membuat “Matriks Hubungan Kompetensi Dasar dengan Tema”.
q Membuat pemetaan pembelajaran tematik. Menyusun silabus berdasarkan matriks/jaringan topik pembelajaran tematik
0 Response to "KARAKTERISTIK PEMB. TEMATIK"
Posting Komentar