KARAKTERISTIK PEMB. TEMATIK

KARAKTERISTIK PEMB. TEMATIK

q Berpusat pada siswa-siswi,

q Memberikan pengalaman langsung,

q Pemisahan antar matapelajaran tidak begitu jelas,

q Menyajikan konsep dari berbagai matapelajaran dalam suatu proses pembelajaran,

q fleksibel (luwes),

q Hasil pembelajaran sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa-sisi,

Menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan


keunggulan

q Mendorong guru untuk mengembangkan kreativitas.

q Memberikan peluang bagi guru untuk mengembangkan situasi pembelajaran yang utuh, menyeluruh, dinamis, dan bermakna sesuai dengan keinginan dan kemampuan guru maupun kebutuhan dan kesiapan siswa-siswi.

q Mempermudah dan memotivasi siswa-siswi untuk mengenal, menerima, menyerap, dan memahami keterkaitan atau hubungan antar konsep, pengetahuan, nilai, dan tindakan yang terdapat dalam beberapa pokok bahasan atau bidang studi.

q Menghemat waktu, tenaga, dan sarana serta biaya pembelajaran, disamping meyederhanakan langkah-langkah pembelajaran.

kelemahan

q Guru dituntut untuk menggali informasi/pengetahuan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan, salah satu strateginya harus membaca literatur (buku) secara mendalam.

q Menuntut kemampuan belajar siswa-siswi yang relatif “baik”, baik dari aspek intelegensi maupun kreatifitasnya.

q Memerlukan bahan bacaan atau sumber informasi yang cukup banyak dan berguna, seperti yang dapat menunjang dan memperkaya serta mempermudah mengembangkan wawasan dan pengetahuan yang diperlukan.

Langkah-langkah Menyusun Pembelajaran Tematik

q Mempelajari kompetensi dasar pada kelas dan semester yang sama dari setiap mata pelajaran.

q Memilih tema yang dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi tersebut untuk setiap kelas dan semester,

q Membuat “Matriks Hubungan Kompetensi Dasar dengan Tema”.

q Membuat pemetaan pembelajaran tematik. Menyusun silabus berdasarkan matriks/jaringan topik pembelajaran tematik


0 Response to "KARAKTERISTIK PEMB. TEMATIK"

Posting Komentar