pengertian tematik

Disebut juga Integrated Teaching and Learning, Integrated Curriculum Approach, A Coherent Curriculum Approach.
Pembelajaran yang menggunakan tema tertentu untuk mengaitkan antara beberapa isi matapelajaran dengan pengalaman kehidupan nyata sehari-hari siswa sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi

TUJUAN / MANFAAT PT

  1. Memudahkan pemusatan perhatian pada satu tema tertentu.
  2. Siswa-siswi mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar isi matapelajaran dalam tema yang sama.
  3. Slide 9
    3.Pemahaman materi matapelajaran lebih mendalam dan berkesan.
  4. Kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengaitkan matapelajaran lain dengan pegalaman pribadi siswa-siswi.
  5. Lebih dapat dirasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas.
Slide 12LATAR BELAKANG PT
  1. Siswa-siswi kelas 1, 2, 3 MI/SD: termasuk usia dini yang seluruh aspek perkembangan kecerdasan (IQ, EQ, dan SQ) tumbuh dan berkembang sangat luar biasa.
  2. Proses belajar sangat tergantung pada objek-objek kongkrit dan pengalaman siswa-siswi secara langsungg
  3. Masih banyak kegiatan pembelajaran di MI/i
  4. Secara nasional masih tingginya angka siswa-siswi mengulang kelas bahkan putus sekolah hingga dewasa ini. Data tahun 1999/2000 memperlihatkan bahwa angka mengulang kelas satu 11,6 %, kelas dua 7,5 %, dan kelas tiga 6,13 %.
  5. Kurangnya pendidikan prasekolah (Taman Kanak-kanak) di daerah-daerah pelosok dan terpencil.

    1. RUANG LINGKUP PT

    Seluruh matapelajaran inti pada kelas 1, 2, dan 3 Madarasah Ibtidaiyah (Sekolah Dasar) yaitu:

    1. Pendidikan Agama Islam,
    2. Pendidikan Kewarganegaraan,
    3. Bahasa Indonesia,
    4. IPA,
    5. IPS,
    6. Matematika
    7. Seni Budaya/ Ketrampilan,
    8. Penjasorkes (Pendidikan Jasmani, olahraga, Kesehatan).

0 Response to "pengertian tematik"

Poskan Komentar