Disebut juga Integrated Teaching and Learning, Integrated Curriculum Approach, A Coherent Curriculum Approach.
Pembelajaran yang menggunakan tema tertentu untuk mengaitkan antara beberapa isi matapelajaran dengan pengalaman kehidupan nyata sehari-hari siswa sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi
TUJUAN / MANFAAT PT
- Memudahkan pemusatan perhatian pada satu tema tertentu.
- Siswa-siswi mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar isi matapelajaran dalam tema yang sama.
Slide 9 3.Pemahaman materi matapelajaran lebih mendalam dan berkesan.- Kompetensi dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengaitkan matapelajaran lain dengan pegalaman pribadi siswa-siswi.
- Lebih dapat dirasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas.
- Siswa-siswi kelas 1, 2, 3 MI/SD: termasuk usia dini yang seluruh aspek perkembangan kecerdasan (IQ, EQ, dan SQ) tumbuh dan berkembang sangat luar biasa.
- Proses belajar sangat tergantung pada objek-objek kongkrit dan pengalaman siswa-siswi secara langsungg
- Masih banyak kegiatan pembelajaran di MI/i
- Secara nasional masih tingginya angka siswa-siswi mengulang kelas bahkan putus sekolah hingga dewasa ini. Data tahun 1999/2000 memperlihatkan bahwa angka mengulang kelas satu 11,6 %, kelas dua 7,5 %, dan kelas tiga 6,13 %.
- Kurangnya pendidikan prasekolah (Taman Kanak-kanak) di daerah-daerah pelosok dan terpencil.
- RUANG LINGKUP PT
Seluruh matapelajaran inti pada kelas 1, 2, dan 3 Madarasah Ibtidaiyah (Sekolah Dasar) yaitu:
- Pendidikan Agama Islam,
- Pendidikan Kewarganegaraan,
- Bahasa Indonesia,
- IPA,
- IPS,
- Matematika
- Seni Budaya/ Ketrampilan,
- Penjasorkes (Pendidikan Jasmani, olahraga, Kesehatan).
0 Response to "pengertian tematik"
Posting Komentar